Ingin Melaksanakan Pembelajaran TEFA, 40 Orang Kepala SMK Melaksanakan Benchmarking Pelaksanaan Teaching Factory ke SMK PGRI 3 Malang


Vokasiana.com - Vokasi Membangun Negeri. 40 Orang Kepala sekolah yang berasal dari Jatim, NTB, NTT dan Maluku melaksanakan kegiatan Benchmarking Tefa di SMK PGRI Malang, Kamis (21/09/2023). 

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pelatihan peningkatan kualitas dan kompetensi Manajerial Kepala SMK Berbasis Industri yang dilaksanakan oleh BBPMPV BOE Malang Tahap 2 Tahun 2023. Peserta berasal dari  Kepala Sekolah SMK Negeri dan swasta yang ditunjuk, SMK Binaan VEDC Malang dan bukan SMK Yang melaksanakan Program SMK Pusat keunggulan. 

Peserta pelatihan dibagi dalam 10 kelompok kecil. Kelompok kecil ini diberi tugas untuk mengeksplore kegiatan Tecahinh Factory yang dilaksanakan di SMK PGRI 3 Malang. 

Peserta pelatihan dibawa ke bengkel Tefa SMK PGRI Malang menggunakan bus pariwisata di di dampingi 4 Widyaiswara BOE Malang. 

Saat tiba di lokasi Bengkel Tefa SMK PGRI 3 Malang semua peserta pelatihan di sambut langsung oleh Kepla SMK PGRI 3 Malang, Lukman Hakim didampingi tim manajemen tefa sekolahnya. 

Pak Lukman mempersilahkan bapak/ibu kepala sekolah peserta pelatihan untuk menggali informasi tentang Tefa di sekolahnya. Pak Lukman sangat welcome terhadap kedatangan peserta pelatihan dengan memberikan informasi yang dibutuhkan dan bisa ditetapkan di sekolah masing-masing. 

SMK PGRI 3 Malang menerapkan Tefa pada kompetensi keahlian Teknik Pemesinan Binaan dari PT Bambang Djaja dan PT Chemco  Harapan Nusantara. Kegiatan Tefa di sekolah ini dikhususkan siswa kelas XII dan siswa kelas XI yang memiliki keterampilan atau skill ungkap Anton kepala Bengkel SMK PGRI 3 Malang. 

Peserta pelatihan sangat antusias melakukan wawancara dan melihat langsung kegiatan Tefa di bengkel yang dekat pemukiman penduduk. Mesin CNC berjejer didalam bengkel baik yang CNC Milling atau CNC Turning. Disisi kiri terdapat mesin bubut yang terawat dengan baik. 

Produk hasil produksi dipajang dalam lemari kaca menambah suasana industri makin riil ada dalam kegiatan Tefa di Sekolah dengan jumlah  2500 siswa ini. 

Setelah puas melaksanakan wawancara dan  melihat langsung kegiatan Tefa, kegiatan benchamarking diakhiri dengan foto bersama di depan bengkel Tefa.
 

Semoga benchmarking kali ini bisa di ATM untuk diterapkan di sekolah masing-masing. Amiin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari vokasiana.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Guru Indonesia", caranya klik link https://t.me/guruindonesiagroup, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Posting Komentar untuk "Ingin Melaksanakan Pembelajaran TEFA, 40 Orang Kepala SMK Melaksanakan Benchmarking Pelaksanaan Teaching Factory ke SMK PGRI 3 Malang"

Kelas Website Profesional Tanpa Coding